Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Baterai Mobil Timah-Asam

Baterai adalah bagian penting dari kendaraan dan tidak boleh diabaikan. Tanpa baterai yang sehat, mobil tetap diam. Kami bertanggung jawab untuk berapa lama mereka dapat mendukung kendaraan kami. Untuk memperpanjang umur mereka, kita perlu memeliharanya dengan baik. Baterai bebas perawatan perlahan-lahan mengambil alih baterai timbal-asam tetapi penting untuk dipahami bahwa prinsip dasarnya tetap sama. Kami akan membahas semua aspek penting dari baterai di artikel ini.
http://www.rideme.in/
Bagaimana cara kerja baterai ?

Baterai mobil asam timbal Bali Bike Rental adalah perangkat penyimpanan energi yang terbuat dari pelat timbal dan timbal dioksida. Pelat ini direndam ke dalam larutan elektrolit. Persentase air adalah 65% dan asam sulfat berkontribusi 35% untuk larutan ini. Ketika baterai digunakan untuk menyalakan mobil, baterai akan habis. Asam sulfat dalam larutan elektrolit akan habis meninggalkan proporsi air yang lebih tinggi. Sulfat dikembalikan ke asam selama proses pengisian. Baterai memberikan arus tinggi yang diperlukan oleh motor starter untuk menghidupkan mesin mobil. Setelah mesin dihidupkan, baterai kembali diisi oleh sistem pengisian yang digerakkan mesin. Dalam proses ini, alternator mengambil energi yang diperlukan dari putaran mesin melalui sabuk untuk mengisi baterai. Ketika mesin menyala, alternator menghasilkan listrik untuk peralatan listrik mobil.

Apa yang membuat baterai lemah ?


Ketika mobil terkena sinar matahari langsung di musim panas untuk periode waktu yang lebih lama, itu mempercepat proses korosi dan menguapkan elektrolit. Ini mengurangi usia baterai membuatnya lebih lemah. Jadi, hindari memanaskan mobil Anda dengan sinar matahari dengan parkir di tempat yang cocok.

Baterai harus dipasang dengan benar untuk menghindari segala jenis getaran. Getaran ini dari waktu ke waktu mengguncang lempeng-lempeng yang pada gilirannya membuat koneksi internal hilang. Akibatnya, baterai tidak akan terisi dengan benar.

Setelah Anda menyalakan mobil, pastikan untuk mengendarainya dalam waktu yang cukup agar baterai dapat diisi ulang kembali. Alternator membutuhkan waktu untuk mengisi ulang baterai setelah melepaskan energinya saat menghidupkan mesin. Jika tidak, baterai akan tetap terisi rendah yang tidak cukup untuk memberikan arus tinggi ke motor starter.

Tetap menyalakan lampu depan atau sistem musik saat mesin dimatikan akan menghabiskan baterai seiring waktu. Hindari mencolokkan pengisi daya dalam waktu yang lama untuk mencegah baterai kosong.

Korosi pada terminal baterai sama berbahayanya dengan baterai seperti yang lainnya. Selalu bersihkan terminal baterai dengan hati-hati sekali atau dua kali dalam sebulan. Pastikan untuk memakai sarung tangan dan pelindung mata. Bubuk putih pada terminal beracun dan tidak boleh bersentuhan dengan kulit.

Tanda-tanda yang menunjukkan penggantian baterai:


  1. Ada beberapa tanda yang mengindikasikan baterai Anda semakin lemah dan perlu diganti
  2.  Lampu mobil yang terang menjadi sedikit redup ketika mesin dimatikan. 
  3. Motor starter berputar lambat ketika Anda menyalakan mobil karena arus yang rendah dari baterai. 
  4. Ada beberapa tanda visual yang menunjukkan baterai perlu diganti
  5.  Arus pendek internal atau pengisian daya yang berlebihan menyebabkan baterai bengkak. Jika Anda melihat tanda-tanda menggembung di sekitar baterai, gantilah. 
  6. Periksa wadah baterai dengan hati-hati terhadap kerusakan pada wadah baterai.
Bagaimana cara menghidupkan mesin dengan baterai lemah?
Tidak disarankan menggunakan baterai yang lemah. Namun, dalam keadaan darurat, kabel jumper dapat digunakan saat Anda terjebak selama perjalanan di sepanjang jalan. Selalu simpan satu set kabel jumper di mobil Anda jika menurut Anda baterai tidak dalam kondisi terbaik. Kabel jumper memungkinkan Anda melompat memulai kendaraan Anda dengan bantuan mobil lain. Meskipun ini adalah teknik yang sangat sederhana tetapi langkah-langkah keamanan harus diambil untuk menghindari bahaya. Langkah-langkah berikut akan memandu Anda untuk memulai kendaraan:

  1.  Pastikan kedua baterai memiliki peringkat tegangan yang sama yaitu 12 
  2.  Matikan sakelar pengapian setelah memarkirnya cukup dekat dengan mobil lain di posisi netral. 
  3. Jangan sekali-kali melompati baterai beku. Itu bisa dengan mudah meledak. 
  4. Kenakan sarung tangan karet dan kacamata keselamatan. 
  5. Identifikasi dan hubungkan terminal positif kedua baterai dengan hati-hati satu sama lain. 
  6. Pastikan ujung yang lain tidak menyentuh tubuh mobil untuk menghindari percikan berbahaya. 
  7. Jepit kabel negatif ke terminal negatif dari baterai yang baik. 
  8. Hubungkan ujung lain kabel negatif ke bagian logam mobil dengan baterai lemah. 
  9. Akhirnya nyalakan mobil dengan aki yang bagus. 
  10. Beri waktu 5-7 menit untuk mengisi baterai yang lemah. 
  11. Sekarang mulai kunci kontak mobil dengan baterai lemah. 
  12. Lepaskan kabel dengan hati-hati dengan urutan terbalik. Lepaskan kabel negatif terlebih dahulu diikuti dengan melepas kabel positif dari mobil dengan baterai Bali Car Rental yang baik
http://www.rideme.in/
Bagaimana cara memeriksa kesehatan baterai ?
Untuk perawatan baterai yang benar, jadwalkan sebulan sekali untuk memeriksa status baterai. Saat ini ada alat yang dapat membantu mengukur kondisi baterai saat ini. Berikut ini adalah alat yang paling umum digunakan untuk tujuan ini:

Penguji beban baterai:


Penguji beban baterai digunakan untuk memeriksa peringkat tegangan baterai yang sedang berjalan. Ini memiliki meteran display dengan pembacaan tegangan hingga 16V bersama dengan indikator kesehatan baterai. Ini memiliki probe positif dan negatif. Di dalam, ada kumparan kapasitas arus tinggi yang menyediakan beban yang diperlukan dengan sakelar sakelar. Tegangan baterai dapat diuji dengan mudah dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  1.     Matikan mesin mobil
  2.  Hubungkan probe positif load tester dengan terminal positif baterai. 
  3. Demikian pula, hubungkan probe negatif dengan terminal negatif. 
  4. Pastikan kedua probe terhubung dengan benar dengan terminal baterai. 
  5. Meteran akan menunjukkan pembacaan tegangan sesuai dengan kesehatan baterai. 
  6. Sekarang, hidupkan sakelar sakelar beban selama 05-07 detik untuk mengukur tegangan baterai saat memuat. 
  7. Baterai yang sehat idealnya menunjukkan 12,5 volt. 
  8. Jika jarum meter membelok mendekati indikasi "lemah", segera ganti baterai. 
  9. Hapus probe dengan aman dalam urutan terbalik.
Hydrometer:
Hydrometer adalah alat lain untuk mengukur kesehatan baterai. Ini mengukur berat jenis elektrolit tetapi hanya dapat digunakan pada baterai dengan tutup yang dapat dilepas. Hydrometer biasanya memiliki termometer built-in. Ikuti langkah-langkah mudah ini untuk mengukur masa pakai baterai yang tersisa:

    Mulailah dengan melepas tutup dari bagian atas baterai.
    Celupkan ujung hidrometer ke dalam sel pertama baterai.
    Peras dan lepaskan dari belakang untuk membiarkan elektrolit masuk ke dalam silinder hidrometer.
    Baca berat jenis elektrolit seperti yang ditunjukkan.
    Perhatikan bacaan untuk semua sel satu per satu.
    Buat perbandingan bacaan dengan yang diberikan pada hidrometer.
    Biasanya, pembacaan antara 1.265 dan 1.299 menunjukkan baterai yang terisi. Pembacaan apa pun di bawah braket ini menunjukkan tanda-tanda baterai lemah.
    Metode lain untuk memeriksa kesehatan baterai adalah dengan menggunakan multimeter. Proses ini mirip dengan yang kami gunakan untuk tester beban baterai.

Bagaimana cara mengganti baterai?

Aki mobil dapat dengan mudah diganti di rumah tanpa komplikasi dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini:

Melepaskan baterai lama:

  1. Mulailah dengan menghapus terminal baterai negatif yang biasanya ditandai dengan simbol hitam atau (-) untuk menghindari lengkungan dengan kunci pas. 
  2. Putuskan sambungan terminal positif yang biasanya ditandai dengan simbol merah atau dengan (+).Lepaskan "tahan klem" baterai
    Baterai berat, jadi angkat dengan hati-hati.
    Bersihkan baki baterai jika terkorosi.

Menghubungkan baterai baru:

  1.  Angkat baterai baru dengan hati-hati pada posisinya
  2.  Hubungkan dengan benar "tahan clamp" terlebih dahulu.
  3.  Hubungkan terminal baterai dengan urutan terbalik dengan menghubungkan terminal positif terlebih dahulu. 
  4. Hubungkan terminal negatif baterai. 
  5. Pastikan koneksi tidak longgar. 
  6. Baterai harus diperbaiki dengan benar untuk menghindari getaran. 
  7. Terminal harus dalam kondisi bersih. 
  8. Tambahkan beberapa petroleum jelly di kedua terminal karena mengurangi proses korosi.
Baterai lama dapat dijual ke toko baterai tempat Anda membeli yang baru. Baterai mobil ini juga didaur ulang untuk mencegah bahan kimia berbahaya masuk ke atmosfer. Pelat timah tua juga dapat didaur ulang menjadi berbagai produk lainnya.

Bagaimana cara mempertahankan baterai Anda?

Untuk memperpanjang usia baterai, itu harus dijaga dengan baik. Jadwalkan pemeliharaan baterai setiap bulan. Ini mencakup beberapa hal berikut:

Membersihkan baterai dan terminalnya:

Pembersihan baterai melibatkan menghilangkan korosi atau bubuk putih apa pun dari terminal dan permukaan baterai. Untuk tujuan ini, gunakan air hangat dan tambahkan satu sendok makan soda kue ke dalamnya. Keluarkan baterai dengan hati-hati (sebagaimana disebutkan dalam bagian pengganti) Pastikan tutup yang dapat dilepas terpasang dengan benar. Selalu gunakan sarung tangan karet karena bubuk putih beracun dan tidak boleh bersentuhan dengan kulit. Terapkan solusi secara menyeluruh pada wadah baterai. Bersihkan terminal dengan benar. Gunakan kuas untuk mencapai ruang sempit. Biarkan solusinya selama beberapa menit dan kemudian cuci dengan air dingin. Terminal akan bebas korosi setelah latihan ini. Pasang kembali baterai ke posisinya dengan hati-hati.

Pemeriksaan tingkat elektrolit:

Level elektrolit di dalam baterai dapat diperiksa secara visual dengan melepas tutup di atas baterai. Pelat timah harus dicelupkan dengan benar ke dalam larutan elektrolit. Jika Anda melihat penurunan kadar elektrolit di salah satu sel, tambahkan air ke dalamnya. Biarkan solusinya tercampur dengan benar.

Popular posts from this blog

Cara Pengobatan Dyspraxia

Sering muncul kemerahan pada wajah? Waspadai rosacea

cara mengobati kanker darah tanpa operasi