Mata berkedut: 8 penyebab dan obatnya



Apa yang menyebabkan mata berkedut?
kedutan mata kiri atas - yang sebenarnya berkedut kelopak mata - adalah umum dan tidak berbahaya. Kebanyakan kedutan mata hanya berlangsung beberapa menit, tetapi kadang-kadang kedutan kelopak mata bisa bertahan selama berhari-hari atau lebih lama. Jika Anda memiliki kedutan mata yang tidak hilang dengan relatif cepat, kunjungi dokter mata .

Istilah medis di klinik atau rumah sakit untuk mata berkedut adalah myokymia. Jika Anda mengalami mata berkedut yang tidak hilang, ini bisa menandakan hasil rekam medis dengan kondisi neurologis serius yang mempengaruhi kelopak mata - seperti blepharospasm atau kejang hemifacial. Kondisi yang relatif jarang ini lebih jelas dan parah daripadasering berkedut mata dan harus segera dievaluasi oleh dokter mata .
Apa yang menyebabkan mata berkedut?
Pemicu berkedut mata termasuk:
  • Menekankan
  • Kelelahan
  • Ketegangan mata
  • Kafein
  • Alkohol
  • Mata kering
  • Masalah gizi
  • Alergi

Jika Anda mengalami mata berkedut, perhatikan daftar Artria ini dan perhatikan pemicu potensial mana yang mungkin berlaku untuk Anda. Terkadang, melakukan sedikit perubahan pada pola makan dan gaya hidup Anda dapat secara signifikan mengurangi risiko berkedut mata atau membantu membuat kedutan kelopak mata hilang.

Animasi berkedut kelopak mata
Saat kelopak mata Anda berkedut, Anda mungkin berpikir semua orang bisa melihatnya. Tapi sebagian besar kedutan mata halus dan tidak mudah dilihat oleh orang lain.

Penyebab dan perbaikan mata berkedut
1. Stres
Stres mungkin merupakan penyebab paling umum dari mata berkedut. Yoga, latihan pernapasan, menghabiskan waktu bersama teman atau hewan peliharaan, dan memasukkan lebih banyak waktu senggang ke dalam jadwal Anda adalah cara untuk mengurangi stres yang mungkin menyebabkan kedutan kelopak mata Anda.

2. Kelelahan
Kurang tidur, apakah karena stres atau alasan lain, dapat memicu mata berkedut. Mengejar tidur Anda dan memiliki jadwal tidur yang konsisten dapat membantu.

3. Ketegangan mata
Ketegangan mata - terutama ketegangan mata digital karena terlalu sering menggunakan komputer, tablet, dan telepon pintar - juga merupakan penyebab umum berkedutnya kelopak mata. Ikuti "aturan 20-20-20" saat menggunakan perangkat digital: Setiap 20 menit, lihatlah dari layar Anda dan biarkan mata Anda untuk fokus pada objek yang jauh (setidaknya 20 kaki) selama 20 detik atau lebih. Ini mengurangi kelelahan yang bisa memicu mata berkedut.

Juga, tanyakan kepada dokter mata Anda tentang kacamata komputer untuk meredakan ketegangan mata digital.

4. Kafein
Terlalu banyak kafein dapat memicu mata berkedut. Cobalah mengurangi kopi, teh, dan minuman ringan (atau beralih ke versi tanpa kafein) selama satu atau dua minggu dan lihat apakah mata Anda berkedut menghilang.

5. Alkohol
Jika Anda mengalami mata berkedut setelah minum bir, anggur atau minuman keras, cobalah berpantang sebentar, karena konsumsi alkohol dapat menyebabkan kelopak mata berkedut.

6. Mata kering
Banyak orang dewasa mengalami mata kering , terutama setelah usia 50 tahun. Mata kering juga sangat umum di antara orang yang menggunakan komputer, minum obat-obatan tertentu (terutama antihistamin dan beberapa antidepresan), memakai lensa kontak dan mengonsumsi kafein dan / atau alkohol.

Jika Anda memiliki kelopak mata berkedut dan mata Anda terasa berpasir atau kering, temui dokter mata Anda untuk evaluasi mata kering. Mengembalikan kelembaban ke permukaan mata Anda dapat menghentikan mata berkedut dan mengurangi risiko berkedut di masa depan.

7. Masalah gizi
Beberapa laporan menunjukkan kurangnya unsur gizi tertentu, seperti magnesium, dapat memicu kejang kelopak mata. Meskipun laporan ini tidak konklusif, ini mungkin menjadi penyebab lain dari mata berkedut.

Jika Anda khawatir bahwa diet Anda mungkin tidak memasok semua nutrisi yang Anda butuhkan untuk penglihatan sehat, diskusikan hal ini dengan dokter mata Anda sebelum membeli suplemen nutrisi yang dijual bebas.

8. Alergi
Orang dengan alergi mata bisa mengalami mata gatal, bengkak, dan berair . Menggosok mata Anda karena gejala alergi melepaskan histamin ke jaringan kelopak mata Anda dan lapisan air mata, yang dapat menyebabkan mata berkedut.

Kadang-kadang, tetes mata bebas resep yang diformulasikan untuk mengurangi gejala alergi dapat membantu. Tetapi antihistamin dalam tetes ini dapat menyebabkan mata kering. Yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter mata Anda untuk memastikan Anda melakukan hal yang benar untuk mata Anda jika Anda mengalami gejala alergi dan mata berkedut.

Cara lain untuk menghentikan mata berkedut: Botox
Dalam kasus yang jarang terjadi, beberapa mata berkedut tidak akan hilang, meskipun menerapkan solusi di atas. Berkedut kelopak mata persisten dapat diobati dengan suntikan Botox untuk menghentikan kontraksi otot tak sadar di kelopak mata yang menyebabkan berkedut.

Kapan menemui dokter mata
Temui dokter mata segera jika Anda mengalami mata berkedut terus-menerus, perubahan tiba-tiba dalam penampilan atau gerakan setengah wajah Anda (termasuk kelopak mata Anda), atau jika kedua kelopak mata menjepit begitu ketat, tidak mungkin untuk membuka mata Anda. Ini bisa menjadi tanda-tanda kondisi serius.

Popular posts from this blog

Cara Pengobatan Dyspraxia

Sering muncul kemerahan pada wajah? Waspadai rosacea

cara mengobati kanker darah tanpa operasi